Home » , » Pemimpin Rendahan

Pemimpin Rendahan

Written By MZD's on Selasa, 18 September 2012 | 08.26




إني لاأخاف على أمتي إلا الأئمة المضلين

Aku tidak takut (ujian yang akan menimpa) pada umatku, kecuali (ujian) para pemimpin sesat.(HR. Ibnu Hibban)

Adalah sebuah fenomena yang tidak dapat kita pungkiri ketika kita sering memilih pemimpin yang salah. Pemimpin yang mengaku dirinya bisa memimpin, mencalonkan diri sebagai pemimpin, namun nyatanya duri dalam daging yang tidak mampu meng-counter segala permasalahan yang dihadapi oleh umat. Rasulullah saw telah sejak lama memperingatkan kita tentang bahaya pemimpin yang rendah di mata Allah ini. Berikut kami sarikan beberapa diantaranya :

1.       Para Pemimpin Bodoh

Dari Jabir bin Abdillah bahwa Rasulullah saw berkata kepada Ka’ab bin Ajzah :
أعاذك الله من إمارة السفهاء

Aku memohon perlindungan untukmu kepada Allah dari kepemimpinan orang-orang bodoh. (HR.Ahmad). 

Dalam Hadits riwayat Ahmad dikatakan bahwa pemimpin yang bodoh adalah pemimpin yang tidak mengikuti petunjuk dan sunnah Rasulullah saw.

2.       Para pemimpin penolak kebenaran , penyeru kemungkaran

Dari Ubaidah bin Shamit berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

سيكون عليكم أمراء يأمرونكم بما لا تعرفون ويفعلون ما تنكرون فليس لاؤلئك عليكم طاعة

Kalian akan dipimpin oleh para pemimpin yang memerintah kalian dengan hukum yang tidak kalian ketahui(imani). Sebaliknya, mereka melakukan apa yang kalian ingkari. Sehingga terhadap merka ini tidak ada kewajiban bagi kalian untuk mentaatinya. (HR.Ibnu Abi Syaiban)

3.       Para penguasa yang memerintah dengan mengancam kehidupan dari mata pencaharian.

Dari Abu Hisyamas-Silmi berkata bahwa Rasulullah saw bersabda :

سيكون عليكم أئمة يملكون رقابكم ويحدثونكم فيكذبون, ويعملون فيسيؤون, لا يرضون منكم حتى تحسنوا قبيحهم و تصدقوا كذبهم, اعطوهم الحق ما رضوا به

Kalian akan dipimpin oleh para pemimpin yang mengancam kehidupan kalian. Mereka berbicara (berjanji) kepada kalian, kemudian mengingkari (janji). Mereka melakukan pekerjaan mereka itu sangat buruk. Mereka tidak senang dengan kalian hingga kalian menilai baik (memuji) keburukan mereka, dan kalian membenarkan kebohongan mereka, serta kalian member kepada mereka hak yang mereka senangi. (HR. Thabrani)

4.       Para pemimpin yang mengangkat pembantu orang-orang jahat, dan mengakhirkan shalat (mengabaikan syariah).

Dari Abu Hurairah yang berkata bahwa Rasulullah saw bersabda :

يكون في أخرالزمان أمراء ظلمة, ووزراء فسقة, وقضاة خونة, وفقهاء كذبة, فمن أدرك منكم ذلك الزمن فلا يكونن لهم جابيا ولا عريفا ولا شرطيا

Akan ada di akhir zaman para penguasa sewenang-wenang, para pembantu (pejabat pemerintah) fasik, para hakim pengkhianat, para ahli hukum Islam (fuqaha) pendusta. Sehingga siapa saja diantara kalian yang mendapati zaman itu, maka sungguh kalian jangan jadi pengumpul pajak, pemimpin dan polisi. (HR.Thabrani)
5.       Para pemimpin dictator (kejam)

Rasulullah saw bersabda :
إن شرالولاة الحطمة
Sesungguhnya seburuk-buruk penguasa adalah al-huthamah (dictator). (HR.Al-Bazzar)

Dari Abu Laila Al-Asy’ari bahwa Rasulullah saw bersabda :

وسيلي أمراء إن استرحموا لم يرحموا, وإن سألوا الحق لم يعطوا, وإن أمروا بالمعروف أنكروا, وستخافونه ويتفرق ملأكم حتى لا يحملوكم على شيء إلا احتملتم عليه طوعا وكرها, ادنى الحق أن لا تأخذوا لهم عطاء ولا تحضروا لهم فى الملا

Dan berikutnya adalah para pemimpin jika mereka diminta untuk mengasihani (rakyat) mereka tidak mengasihani; jika merek diminta untuk menunaikan hak (rakyat), mereka tidak menunaikannya; dan jika mereka disuruh berlaku baik (adil), mereka menolak. Merka akan membuat hidup kalian dalam ketakutan; dan memecah belah tokoh-tokoh kalian. Sehingga mereka tidak membebani kalian dengan suatu beban, kecuali mereka membebani kalian dengan paksa, baik kalian suka ataupun tidak. Serendah-rendahnya hak kalian adalah kalian tidak mengambil pemberian mereka dan kalian tidak menghadiri pertemuan mereka. (HR. Thabrani)


6.       Penguasa zindiq (pura-pura iman)

Dari Ma’qil bin Yasar bahwa Rasulullah saw bersabda :

صنفان من أمتي لن تنالهما شفاعتي : إمام ظلوم, وكل غال مارق

Dua golongan umatku yang keduanya tidak pernah mendapatkan syafaatku: pemimpin yang bertindak lalim, dan orang yang berlebihan dalam beragama hingga sesat dari agama. (HR. Thabrani)

حدثني أبوبكربن أبي شيبة حدثنا يزيد بن هارون حدثنا عبدالملك بن قدامة الجمحي عن إسحق بن أبي الفرات عن المقبري عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: سيأتي على الناس سنوات خدعات يصدق فيها الكاذب ويكذب فيها الصادق ويؤتمن 
فيها الخائن ويخون فيها الأمين وينطق فيها الرويبضة, قيل وما الرويبضة قال الرجل التافة

Akan datang kepada masyarakat tahun-tahun yang penuh penipuan. Pada tahun-tahun itu pembohong dipandang benar, yang benar dianggap bohong, pada tahun –tahun tersebut pengkhianatdiberi amanat, sedangkan orang yang amanah dianggap pengkhianat. Pada saat itu yang berbicara adalah ruwaibidhah, lalu ada sahabat yang bertanya, “apakah ruwibidhah itu?” rasulullah menjawab, “orang bodoh yang berbicara/mengurusi urusan umum/public.” (dalam riwayat lain disebutkan, ruwaibidhah itu adalah “orang fasik yang berbicara/mengurusiurusan umum/public” dan al-umara (pemerintah) fasik yang berbicara/ mengurusi urusan umum/ public”). (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Abu Ya’la, dan Al-Bazzar)



Dan perkara yang lebih besar adalah menjauhi pemimpin yang loyal terhadap kekafiran. (An-nisa’: 144)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Site Owner

Foto Saya
Hussein, Cairo, Egypt
interest n honest, like humour n little humouris innocent...dan quitest..righteous,...to the point...no courtesy ...,,,bored...sometime like alone and i like tobe alone,( i dont know why),,,melankolic,,n romantic....occasionally emotional.. humble, easy going, ...(nice tobe invited by someone to go to somewhere) , also a traveller who's dream to colonize the world...at least the conqueror countries...i have to go there...yeah...God willing .,,fed up when the troubles come,...education absolutely no.1 and followed by love..hahaha kidding...i have never dated...n anti-dating....my motto is "my first girlfriend is my lovely wife...someday" hehehe....God willing.... someone said that i am bad-tempered, when my angry comes, my eyes become out ...hahaha...( joke) ....next...i hate foods wich are contain chemical substances, i am sistematically person ......but dont know how to practice ...hahaha... wanna be succesman in this world ...and the day after... God willing... ups.....i am faithfull man...oncetime i fall in love, for me its gonna be difficult to forget it ...

Renungan

Allah adalah satu-satunya yang paling berhak untuk kau jadikan tempat berharap.

Manusia yang hebat tidak akan mengeluh sebelum ia sampai pada tujuan.


Cinta adalah ketika seorang Ibu merawat anak-anaknya sendirian tanpa keluhan.


Wanita sholeha tidak akan menjajakan hatinya pada setiap lelaki dengan gratis.



Followers

Popular Posts



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Youth of a Moslem - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger